Rabu, 20 Februari 2019

Langkah-Langkah Membuat SIM A Online Terbaru

Source - Merdeka
Negeri Dongeng - Semua orang yang ingin mengendarai kendaraan bermotor tentu harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). SIM sendiri, merupakan syarat legal sehingga seseorang diperbolehkan untuk mengendarai kendaraan bermotor.

Jenis kendaraan yang berbeda, tentu mengharuskan untuk memiliki SIM yang berbeda pula. Misalnya, golongan SIM A adalah untuk jenis kendaraan mobil penumpang dan barang yang tidak melebihi 3.500 kg. Sementara golongan SIM B1 untuk mobil penumpang dan barang dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg. Golongan SIM B2 adalah untuk pengemudi kendaraan berat, kendaraan penarik, atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg atau 1 ton.

Sementara golongan SIM C adalah untuk pengemudi kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor. Dan golongan SIM D adalah untuk mengemudikan kendaraan khusus untuk penyandang cacat.

Untuk membuat SIM, pengendara bermotor perlu untuk mengajukan permohonan pembuatan SIM perseorangan. Syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah:

Usia
  • 17 tahun untuk golongan SIM A, C, dan D
  • 20 tahun untuk golongan SIM B1
  • 21 tahun untuk golongan SIM B2
Administratif
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Mengisi formulir permohonan
  • Rumusan sidik jari
Kesehatan
  • Sehat jasmani dan harus disertakan dengan surat keterangan dari dokter
  • Sehat rohani dengan disertakan surat lulus tes psikologis
Ujian
  • Lulus ujian teori
  • Lulus ujian praktek, dan/atau
  • Lulus ujian keterampilan melalui simulator
    Ada juga beberapa syarat tambahan yang harus dipenuhi untuk beberapa kasus:
  • Golongan Surat Izin Mengemudi B1 harus memiliki SIM A sekurang-kurangnya 12 (dua belas) bulan; dan
  • Golongan Surat Izin Mengemudi B2 harus memiliki SIM B1 sekurang-kurangnya 12 (dua belas) bulan.
Setelah memenuhi seluruh syarat di atas, kita hanya tinggal mengikuti prosedur permohonan atau pembuatan SIM. Untuk membuat golongan SIM A ini lah langkah yang harus dilakukan:

Cara Membuat SIM A Online
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi dari Kepolisian Republik Indonesia yaitu di http://sim.korlantas.polri.go.id lalu kita tinggal masuk ke dalam pilihan SIM Online.
  2. Lalu kita diharuskan memilih dua jenis permohonan: SIM baru atau perpanjangan SIM. Pilih SIM baru untuk membuat SIM baru. Pilih perpanjangan SIM untuk memperpanjang SIM yang sudah ada.
  3. Berikutnya kita tinggal memilih golongan SIM yang ingin dibuat. Pilih SIM A.
  4. Kemudian masukkan alamat email untuk verifikasi. Isi menu Polda Kedatangan sesuai dengan domisili tempat tinggal saat ini. Isi juga Satpas Kedatangan dan Lokasi Kedatangan.
  5. Selanjutnya, kita harus mengisi formulis rada pribadi yang berisikan kewarganegaraan, nomor KTP, nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, golongan darah, alamat sesuai KTP, agama, tinggi, pendidikan, pekerjaan, nomor telepon, keterangan berkacamata dan cacat fisik, asal negara.
  6. Hal berikutnya yang dilakukan adalah mengisi formulir keadaan darurat
  7. Masukkan kode verifikasi dan klik tombol kirim.
  8. Nanti akan muncul tampilan sukses registrasi dan akan ada email bukti registrasi online sudah berhasil dilakukan.
  9. Langkah berikutnya yang harus dilaukana dalah melakukan pembayaran. Pembayaran administrasi sendiri bisa dilakukan melalui ATM, EDC, dan Teller di seluruh lokasi Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Indonesia.
  10. Langkah terakhir adalah mendatangi Polda Kedatangan atau Satpas Kedatangan yang kita masukkan ketika mendaftar. Di sana, kita akan bisa mengikuti prosedur pembuatan SIM.
  11. Jangan lupa untuk membawa bukti registrasi dan bukti pembayaran ketika mendatangi Satpas Kedatangan.

Biaya pembuatan SIM sendiri bervariasi. Untuk biaya pembuatan SIM A baru, biaya yang dibutuhkan adalah Rp120.000 sama seperti SIM B1 dan B2. Sementara SIM C adalah Rp100.000, SIM D Rp50.000, SIM Internasional Rp250.000.

Sementara untuk biaya perpanjangan SIM A adalah Rp80.000 sama seperti biaya perpanjangan SIM B1 dan B2. Sementara SIM C adalah Rp75.000, SIM D Rp30.000, SIM Internasional Rp225.000.

Dengan mudahnya pembuatan SIM, maka kita lebih bisa menghemat biaya dan waktu. Tidak perlu harus menggunakan jasa calo yang jelas akan memakan kocek lebih mahal.


EmoticonEmoticon