Kamis, 14 Februari 2019

Perlengkapan Yang Perlu Dibawa Saat Haji dan Umroh

Perlengkapan Haji dan Umroh
Negeri Dongeng - Perlengkapan haji begitu juga dengan umroh haruslah dipersiapkan dengan baik. Karena perjalanan menunaikan dua ibadah tersebut tidak hanya membutuhkan kesiapan mental dan jasmani. Untuk Anda yang dalam waktu dekat mendapat kesempatan panggilan dari Allah SWT menunaikan ibadah umroh atau haji tentu harus mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa ke tanah suci.

Untuk mendapatkan informasi apa saja perlengkapan yang akan dibawa ketika berada di tanah suci Mekkah, Anda bisa menanyakan pada keluarga atau sahabat yang sudah pernah menunaikan ibadah umroh ataupun haji. 

Berikut adalah beberapa perlengkapan haji dan umroh yang perlu untuk dipersiapkan agar perjalanan ibadah bisa lebih lancar dan nyaman:

Perlengkapan doa dan guide
Tentu Anda akan diberikan buku doa dari departemen agama, tetapi terkadang doa yang ada di buku cukup rumit. Anda bisa meringkas doa–doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ketika manasik haji. 

Persiapkan Al-Qur’an, buku doa, map/atlas, buku bacaan, dan buku petunjuk sholat yang berbentuk fisik buku atau kitab atau juga dapat berbentuk digital (seperti aplikasi atau e-book). Atau jika ingin lebih praktis, Anda bisa memilih panduan yang bentuknya digital misalnya berbentuk aplikasi desktop, web, atau mobile app.  

Perlengkapan kesehatan
Selanjutnya yaitu perlengkapan kesehatan. Persiapkan obat luka, plester luka, obat anti mabuk, obat masuk angin, obat diare, obat sakit kepala, obat flu, dan minyak gosok. Penyakit yang sering muncul ketika menunaikan ibadah haji dan umroh umumnya adalah batuk, pilek, diare, saluran pernafasan.


Baca juga: 4 Rekomendasi Laptop Mode Gaming Terbaru

Jika Anda memiliki penyakit tertentu bisa membawa obat–obatan sesuai dengan penyakit yang dimiliki. Untuk suplemen Anda juga bisa membawa madu, bisa madu dalam wujud cair, tablet atau kapsul. Anda perlu menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit selama menjalankan ibadah, salah satunya dengan mengonsumsi madu tersebut.

Perlengkapan pendukung
Ada juga perlengkapan pendukung yang perlu untuk dibawa seperti kacamata hitam karena cuaca disana panas terik. Agar kacamata tidak jatuh, Anda bisa menggunakan tali. Selain itu payung lipat kecil, masker, sandal dan sepatu sandal, sarung tangan, kaos kaki untuk wudhu, kantong penyimpan batu, sprei mini, bantal tiup, alat jahit, alat cukur, pisau bisa diamsukkan di bagasi atau atas koper besar dan jangan dibawa di kabin.

Perlengkapan mandi dan kosmetik
Perlengkapan ini sangat penting untuk dibawa. Perlengkapan untuk mandi diantaranya sikat gigi, sabun cair, odol, shampo, handuk, dan sabun wajah. Untuk perlengkapan kosmetik sesuai yang Anda inginkan dan butuhkan seperti bedak, krim atau lotion tentukan yang tidak berparfum, krim untuk kaki dan bibir agar tidak kering. Ketika ihram benda–benda yang dipakai untuk wanita tidak bisa yang mengandung parfum.

Perlengkapan haji dan umroh alangkah baiknya dipenuhi untuk memudahkan perjalanan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang hendak berangkat menuju tanah suci agar ibadah yang dijalankan bisa lebih nyaman dan juga lancar.


EmoticonEmoticon